Pertemuan ke-10 - Keputusan Harga

Nama   : Nur Ulfah
NIM    : 1445121163
Manajemen Pendidikan 2012 A

Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan
Pertemuan 10 (5 Mei 2014)

KEPUTUSAN HARGA
Harga adalah sejumlah uang yang dikenakan terhadap suatu produk atau jasa.

Pertimbangan dalam harga :
Faktor Internal                                                                     
·         Tujuan pemasaran
·         Strategi bauran pemasaran     
·         Biaya
·         Pertimbangan organisasi     

Faktor Eksternal
·         Pasar dan permintaan
·         Persaingan
·         Faktor lainnya (ekonomi, penjualan kembali, pemerintah)

*Faktor Internal dan faktor eksternal saling berkaitan satu sama lain dan saling mempengaruhi dalam menetukan keputusan harga.
*Faktor eksternal berkaitan dengan pasar
*Ekonomi : menyetok bahan baku banyak karena ekonomi terus berkembang, untuk berjaga-jaga.
*Pemerintah berperan untuk menentukan kebijakan keputusan harga.
Memilih tujuan penetapan harga : range antara price ceiling (price too high; little or no demand)   dan  price floor (price too low; no profit possible)
*      Permintaan dipasar sasaran
*      Startegi bisnis dan pemasaran
*      Diferensiasi produk
*      Harga pesaing
*      Harga barang subtitusi
*      Biaya produksi

Pendekatan penetapan harga
a.      Cost-Based Pricing
Menambahkan “mark up” terhadap biaya suatu produk.
Unit cost               = variable cost + fixed cost/Unit sales
Mark up Price      = unit cost/(1-desired return on sales) 
b.   Break Even Analysis and Target Profit Pricing
Menetapkan harga untuk mencapai titik impas dalam membuat dan memasarkan suatu produk atau menetapkan harga dalam mencapai target profit
Break-even volume:
Fixed cost/Price-variable Cost
c.    Value-Based Pricing
Menetapkan hrga berdasarkan persepsi pembeli teradap suatu nilai dibandingkan dengan biaya penjual.
Cost-based pricing
Product → cost → price → value → customers
Value-based Pricing
Customers → Value →  Price →  Cost → Product

d.   Competition-Based Pricing
Menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing untuk jenis produk yang serupa.

Strategi penetapan harga produk baru
1. Market skimming pricing
Menetapkan harga yang tinggi untuk produk baru untuk mendapatkan pendapatan yang maksimum dari segmen yang berkeinginan untuk membayar harga yang tinggi → Fewer but more profitable sales.
2.  Market penetration pricing
Memberi harga yang miring. Menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yang banyak dan pangsa pasar yang besar.

Strategi Penyesuaian Harga

Strategi
Deskripsi
Discount and allowance pricing
Mengurangi harga untuk memberikan penghargaan kepada konsumen
Segmented pricing
Penyesuaian harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda
Psychological pricing
Penyesuaian harga terhadap efek psikologi
Promotional pricing
Mengurangi harga dalam jangka pendek
Geographical pricing
Penyesuaian harga dengan letak geografis
International pricing
Penyesuaian harga untuk pasar internasional


Penetapan Harga Diskriminasi
*      Segmen pelanggan
*      Bentuk produk
*      Lokasi
*      Waktu

Penetapan Harga Psikologis
Produk A 200ml        Rp. 20.000 100/unit
Produk B 175ml        Rp. 18.900 126/unit
Asumsi nilai sama
*      Lebih menarik?
*      Nilai lebih baik?
*      Psikologi harga?

Penetapan harga promosi
*      Kepemimpinan harga merugi (Superarket)
*      Penetapan harga untuk even special
*      Potongan harga
*      Pembiayaan bunga rendah
*      Pembayaran jangka panjang
*      Garansi & pelayanan
*      Diskon psikologis

Pertimbangan Dasar Keputusan Harga untuk Dipasarkan di Luar (Home Country)
*     Apakah harga mencerminkan kualitas?
*     Apakah harga kompetitif?
*     Apakah perusahaan harus menjalankan market penetration, market skimming atau tujuan lainnya?
*     Tipe discount dan allowance yang bagaimana harus ditawarkan bagi pelanggan internatinal?
*     Apakah harga harus berbeda bagi segmen yang berbeda?
*  Keputusan harga yang bgm yang harus diambil apabila biaya perusahaan menurun atau meningkat?Apakah permintaan elastic atai inelastic?
*     Apakah harga yang ditetapkan perusahan dilihat oleh pemerintah host country sbg harga yang wajar atau eksploitatif?

Market Holding
Market holding adalah Strategi untuk mempertahankan pangsa pasar. Dalam pasar global terjadi disebabkan karenafluktuasi nilai mata uang yang menyebabkan harus diadakannya penyesuain harga.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Keputusan Harga.
*      Fluktuasi nilai mata uang
*      Klausul nilai tukar
*      Penetapan harga diwilayah yang mengalami inflasi
*      Campur tangan dan subsidi pemerintah
*      Perilaku pesaing
*      Hubungan harga dan kualitas

Transfer Pricing
Penetapan harga dari produk atau jasa yang dibeli atau dijual oleh unit operasi atau divisi dari perusahaan yang sama. Berkaitan dengan pertukaran intrakoorprasi-transaksi antara pembeli dan penjual yang memiliki perusahaan induk yang sama . Contoh: Toyota

0 komentar:



Posting Komentar