Nama
:
Nur Ulfah
NIM
:
1445121163
Manajemen
Pendidikan 2012 A
TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
LAPORAN
OUTING CLASS
Narasumber
: Pak Joko Winego (Area Manajer Bebek
Kaleyo)
Outing
Class : Senin, 12 Mei
2014
Tempat
:
Jalan Pemuda no. 290-Rawamangun.
Warung bebek kaleyo ini berdiri sejak
tanggal 15 Januari 2007 dengan sistem manajemen keluarga turun-temurun. Sejarah
warung bebek kaleyo, pertama kali buka pukul 6 sore - 11 malam. Makna kata
“Kaleyo” berasal dari kata ‘kale’ artinya dua dan ‘ayo’ artinya mengajak. Jadi yang
berarti mengajak kembali untuk datang lagi. Bebek kaleyo ini masih disebut
dengan warung bukan restaurant. Warung bebek kaleyo ini belum melakukan sistem
waralaba, karena masih memikirkan kualitas dari produknya. Cara mempromosikan
warung ini, tidak memerlukan biaya yang mahal. Karena pengiklanan yang paling
mutakhir ialah dengan iklan mulut yaitu promosi yang dilakukan oleh para
pelanggan yang sudah datang ke warung tersebut kepada mereka yang masih
penasaran belum datang mencicipi makanan bebek tersebut. Memang melalui iklan
mulut, semua hal dari yang baik dan buruk terbuka dapat diketahui oleh semua
pihak. Berbeda lagi ketika itu iklan formal yang seperti melalui radio,
televise atau media massa, hal yang akan dibagikan kepada khalayak luar
hanyalah yang bagus-bagusnya saja.
Sebelum
dibukanya Bebek Kaleyo. Pemilik memasak bebek dengan berbagai bumbu dan
diberikan kepada warga tempat tinggal sekitar untuk mencicipinya. Proses ini
tidak terjadi sekali atau dua kali tetapi berkali-kali hingga berbulan-bulan
untuk menghasilkan resep bebek yang enak. Ketika dirasa enak oleh orang-orang
sekitar maka pemilik memberanikan diri untuk membuka warung Bebek Kaleyo ini. Pertama kali didirikan, Bebek Kaleyo dibuka
di daerah:
1. Jl.
Cempaka Putih Raya 108.
2. Jl.
Pemuda no. 290-Rawamangun.
3. Jl.
Danau Sunter utara blok F20/27-28-Sunter.
4. Jl.
Raden Inten no. 3B - Buaran-Durensawit.
5. Jl.
Rawa Buntu no. 17 (arah taman tekno) - BSD.
6. Jl.
Lapangan Roos no. 49-tebet-Jakarta Selatan.
7. Jl.
Kawasan Kuliner - Harapan Indah - Bekasi.
8. Jl.
Cempaka Putih raya 112D.
9. Jl.
Raya Jatiwaringin No.226 Bekasi.
10. Jl.
Gedung Bundar Niaga Kawasan Taman Menteng Sektor 7 - Bintaro.
11. Kompleks
Ruko Duta Permai Blok B1/7-8 Jl. Raya Kalimalang-Bekasi. Samping
Superindo Kalimalang.
Lokasinya tidak berada di kota besar,
karena jika di pusat kota pasti produsennya orang kantoran. Jika di pinggiran
kota bisa dinikmati semua golongan masyarakat. Visi “Bebek Kaleyo” yaitu Menjadi Icon Kuliner Untuk Semua Kelas.
Jadi tidak hanya masyarakat menengah keatas saja yang dapat merasakan. Lalu Misi “Bebek Kaleyo” yaitu Menjadikan Manfaat Untuk Semua Orang.
Kaleyo mendapatkan bahan baku masih melalui supplier besar untuk bebek dan
rempah-rempah terpusat. Jadi sistemnya, semua bahan sudah terima jadi dari
pusat, cabang warung hanya tinggal menggoreng / membakar untuk disajikan. Perebusan
bebek dilakukan masih tradisional selama kurang lebih 8 jam sehingga bumbu
meresap. Omset dilakukan terpusat, disini mengutamakan pada kualitas dan
pelayanan yang baik. Akan segera buka gerai di Bandung, akan tetapi ingin
didahulukan untuk membuka pusat dapur di Bandung.
Tantangan yang dialami, sulit mendapatkan
bebek. Awalnya bebek ijo, lalu sekarang sudah banyak berkembang inovasi-inovasi
terbaru. Adapun kegiatan sosial yang dilakukan oleh warung ini dengan cara
merekrut pegawai dari desa-desa yang nantinya akan dilakukan pelatihan dan
training. Pegawai yang diterima disini bukanlah yang pintar, tetapi yang mau
belajar.
Adapun
budaya yang diterapkan di Bebek Kaleyo:
·
Yasinan bersama setiap malam jumat.
·
Kerja bakti setiap sebulan sekali.
·
Melakukan bakti sosial kedaerah-daerah
terpencil. Omset dari Bebek Kaleyo dilimpahkan untuk dana bakti sosial tiap
jangka waktu tertentu.
Selain
itu, Bebek kaleyo selalu mempertahankan kualitas masakan dan memberikan pelayanan
yang prima kepada konsumen untuk memciptakan omset yang bagus bagi Bebek
Kaleyo.
Sistem
disini belum menggunakan delivery, tetapi akan diusahakan. Lalu sistem
pembayaran disini tidak memanjakan pelanggan dengan memberi nota ke meja
pelanggan, tetapi pelanggan sendiri yang jalan ke meja administrasi.
Menggunakan sistem pajak online, langsung terpusat. Warung bebek kaleyo ini
sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI sejak satu minggu yang lalu. Yang
menarik disini, ada kontak kritik dan saran, jika kostumer merasa pelayanan
kurang memuaskan.
Kesan
saya kedua kalinya makan di warung ini, sambalnya kebanyakan cabe, nguleknya
belum halus (mungkin memang sengaja), minuman es teh paketannya kalau bisa
pakai gula untuk penawar rasa pedas. Tetapi semua itu menjadi bahagia karena
kami makan bersama dengan Keluarga Manajemen Pendidikan 2012 A.
FOTO-FOTO
![]() |






0 komentar:
Posting Komentar