Bauran Promosi


Nama        : Nur Ulfah
NIM         : 1445121163
Manajemen Pendidikan 2012 A
Senin, 19 Mei 2014
BAURAN PROMOSI
Promosi yaitu komunikasi pemasaran, menyampaikan pesan yang terkandung dalam produk, seperti harga, cara membuat, cara mendapatkan produk, dan sebagainya.

Menentukan Bauran Promosi
A. Periklanan (advertising)
·      Periklanan merupakan segala biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang, atau jasa.
·      Iklan bisa lewat media cetak, online, teknologi (televisi, radio).
·      Iklan merupakan promosi yang banyak digunakan.
Keputusan Penting dalam Periklanan
·      Penetapan tujuan terdiri dari tujuan komunikasi dan tujuan penjualan.
·      Keputusan harga mencakup pendekatan sesuai kemampuan presentase penjualan menyamai pesaing, tujuan dan tugas.
·      Keputusan pesan terdiri dari strategi pesan dan pelaksanaan pesan.
·      Keputusan media terdiri dari jangkauan, frekuensi, dampak tipe-tipe media utama, wahan media, pengambilan waktu untuk media.

1. Menetapkan Tujuan Iklan
·      Memberi informasi
·      Membujuk
·      Mengingatkan

2. Menetapkan Anggaran Periklanan
Faktor spesifik yang harus dipertimbangkan pada waktu menetapkan anggaran periklanan :

  •    Tahapan di dalam PLC
  •          Pangsa pasar
  •          Persaingan dan kesemerawutan
  •          Frekuensi periklanan
  •          Differensiasi produk

3. Strategi Iklan

  •          Penciptaan pesan iklan
  •          Penyeleksian media
Langkah utama dalam menyeleksi media :

  •          Menentukan jangkauan frekuensi dan dampak
  •          Tipe media utama
  •          Wahana media
  •          Waktu penayangan
4. Evaluasi periklanan

5. Mengorganisasikan periklanan (siapa yang terlibat)

B. Promosi Penjualan
Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian/ penjualan dari suatu produk atau jasa.
Keputusan penting dalam promosi penjualan:

  •          Menentukan tujuan promosi
  •          Menyeleksi alat-alat promosi penjualan
  •          Menyusun program promosi penjualan
  •          Melaksanakan pra pengujian terhadap program promosi penjualan
  •          Melaksanakan dan mengendalikan program promosi penjualan
  •          Evaluasi hasil penjualan, meliputi barang, lokasi personil, dan sebagainya.

C. Hubungan Masyarakat
Membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan. Untuk mencapai publisitas yang menguntungkan, membangun citra koorporasi, dan menangani rumor yang tidak menguntungkan. Keputusan utama hubungan masyarakat, yaitu :

  •          Menetapkan tujuan hubungan masyarakat
  •          Memilih wahana masyarakat dan pesan
  •          Mengimplementasi evaluasi

D. Personal Selling
Personal selling adalah penjualan dengan menggunakan kekuatan personal dalam mempengaruhi seseorang untuk membeli suatu produk.

0 komentar:



Posting Komentar