Nama
: Nur Ulfah
NIM
: 1445121163
Jurusan : Manajemen Pendidikan 2012 A
Dosen
: Amril Muhammad M.Pd
Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan
Sejarah
dan Profil NF
Lembaga
Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri (BKB NF) merupakan salah satu
institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Nurul Fikri. BKB
Nurul Fikri dirintis sejak tahun 1985, bermula dari sekumpulan mahasiswa dan
sarjana muslim Universitas Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap
kondisi umat Islam saat itu, kemudian mereka saling bertukar fikiran mencari
bentuk amal nyata yang dapat disumbangkan untuk membantu kemajuan pelajar
muslim.
Pelajar
yang mengikuti bimbingan belajar ketika itu sebanyak 35 orang siswa, dan
aktifitas kegiatan dilaksanakan di Jl. Kenari Jakarta pusat. Alhamdulillah
semua siswa angkatan pertama tersebut berhasil lulus pada seleksi PTN ketika
itu. Hal tersebut semakin memacu semangat para pengelola dan pengajar untuk
terus membangun dan mengembangkan Nurul Fikri ke depannya.
Cabang
Nurul Fikri (NF)
Alhamdulillah
berkat rahmat Allah SWT dan kerja keras segenap pengelolanya, maka saat ini BKB
Nurul Fikri telah tersebar di 87 lokasi belajar di berbagai kota besar
Indonesia dengan jumlah yang siswa mencapai puluhan ribu setiap tahunnya.
Tujuan
Dibangunnya usaha Bimbingan Belajar Nurul Fikri (NF)
Dari
slogan yang dimiliki oleh Nurul Fikri yaitu “Kita Menuju Bersama Allah untuk
Masa Depan Cemerlang”, maka dapat disimpulkan bahwa Nurul Fikri ingin membantu
para pelajar muslin untuk maju menjadi pribadi yang unggul. Tidak hanya
memikirkan kemampuan kognitif yang berkualitas tetapi dibina dan di didik
akhlak yang unggul pula. Karena tanpa bantuan dari Allah maka tidak akan diberi
kelancaran dan kesuksesan dalam mendidik pelajar untuk menuju masa depan mereka
yang cemerlang.
Analisis Bauran Promosi
Adapun dalam mengembangkan Bimbingan belajar Nurul Fikri, maka NF
melakukan promosi. Untuk mempromosikan produk jasa NF ada 4 cara yang
dilakukan, yaitu :
1.
Iklan atau advertising
NF mengiklankan jasa mereka melalui berbagai media.
Setiap media yang digunakan untuk mempromosikan jasa NF berisi
keunggulan-keunggulan tempat bimbingan belajar agar para pelajar dan orang tua
tertarik untuk memilih NF sebagai bimbingan belajar yang terpercaya. Untuk media cetak Nurul Fikri (NF)
menggunakan brosur dan poster.
Lalu
Nurul Fikri (NF) menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk mereka.
Media sosialnya seperti facebook dan twitter yang dimiliki oleh setiap cabang
masing-masing, serta websites NF.
Facebook : Bimbel
Nurul Fikri
Twitter : @BimbelNF
Websites : http://www.bimbelnurulfikri.com/
Blog : http://www.nfsurabaya.com
Email : info@bimbelnurulfikri.com
*(setiap cabang memiliki blog dan email tersendiri
untuk mempromosikan NF cabang masing-masing)
2.
Promosi Penjualan
Cara
promosi penjualan yang dilakukan oleh NF dengan terjun langsung ke
sekolah-sekolah. Para staff yang ditugaskan oleh NF datang ke sekolah-sekolah
dan event-event tertentu seperti event promosi berbagai universitas di JCC
menjelang SNMPTN. Para staff memberikan brosur kepada para pelajar. Para staff
NF menawarkan para pelajar dengan harga yang murah namun dengan pelayanan yang
prima.
3.
Publisitas
Publisitas
yang dilakukan oleh NF dengan cara memanfaatkan orang-orang yang sedang les dan
telah menjadi alumni NF. Mereka menginformasikan melalui mulut ke mulut. Maka
dari itu, NF selalu memberikan pelayanan yang prima agar para pelajar yang
mengikuti bimbel di NF bisa berbagi pengalaman yang bagus untuk dipromosikan ke
pelajar-pelajar lainnya. Selain itu, NF juga mempublikasikannya dengan memuat
berita di majalah-majalah tertentu. Biasanya majalah islam.
4.
Personal selling
NF
melakukan interaksi langsung kepada para konsumennya melalui telepon,
konsultasi langsung dengan para pelajar ataupun orang tua pelajar bersangkutan
dengan datang langsung ke cabang NF masing-masing ataupun di event-event yang
diadakan di JCC. Melalui cara ini, NF bisa menyakinkan kepada para konsumennya
bahwa NF adalah pilihan yang tepat bagi mereka. Karena NF bukan hanya tempat
bimbingan belajar yang mendidik peserta didik secara kognitif (wawasan dunia)
tetapi juga mendidik spiritual (wawasan akhirat). NF juga mewajibakan para
pelajarnya untuk berpakaian sopan dan memakai jilbab ketika datang ke NF. NF
bisa lebih menunjukkan keunggulan mereka dengan menggunakan cara ini.
Dari penjelasan di atas, NF merupakan
Bimbingan Belajar yang berbeda dengan yang lainnya. Tempat bimbingan belajar
lainnnya yang biasanya tidak menonjolkan sisi spiritual tetapi NF Adalah
lembaga pendidikan yang memberikan komitmen untuk membantu para pelajar untuk
berprestasi tetapi tidak melupakan prestasi spiritualya. NF Selalu memberikan
pelayanan yang prima dengan biaya yang jauh lebih murah dengan biaya tempat
bimbel lainnya. Selain itu, Nurul Fikri telah membuktikan melalui 29 tahun
lebih mendidik para pelajar muslim lewat prestasi-prestasi yang telah diraih
yaitu telah banyak mengantar para pelajar (konsumennya) ke PTN yang diinginkan.
Hal ini yang membuat para pelajar dan orang tua yakin untuk memilih NF sebagai
bimbingan belajar yang terpercaya.
SUMBER :
FOTO-FOTO
BROSUR DAN SEBAGAINYA











0 komentar:
Posting Komentar