Analisis Bauran Promosi Produk Jasa Nurul Fikri (NF)


Nama          : Nur Ulfah
NIM            : 1445121163
Jurusan       : Manajemen Pendidikan 2012 A
Dosen          : Amril Muhammad M.Pd
Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan

Sejarah dan Profil NF
            Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri (BKB NF) merupakan salah satu institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Nurul Fikri. BKB Nurul Fikri dirintis sejak tahun 1985, bermula dari sekumpulan mahasiswa dan sarjana muslim Universitas Indonesia yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi umat Islam saat itu, kemudian mereka saling bertukar fikiran mencari bentuk amal nyata yang dapat disumbangkan untuk membantu kemajuan pelajar muslim.
            Pelajar yang mengikuti bimbingan belajar ketika itu sebanyak 35 orang siswa, dan aktifitas kegiatan dilaksanakan di Jl. Kenari Jakarta pusat. Alhamdulillah semua siswa angkatan pertama tersebut berhasil lulus pada seleksi PTN ketika itu. Hal tersebut semakin memacu semangat para pengelola dan pengajar untuk terus membangun dan mengembangkan Nurul Fikri ke depannya.

Cabang Nurul Fikri (NF)
            Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT dan kerja keras segenap pengelolanya, maka saat ini BKB Nurul Fikri telah tersebar di 87 lokasi belajar di berbagai kota besar Indonesia dengan jumlah yang siswa mencapai puluhan ribu setiap tahunnya.

Tujuan Dibangunnya usaha Bimbingan Belajar Nurul Fikri (NF)
            Dari slogan yang dimiliki oleh Nurul Fikri yaitu “Kita Menuju Bersama Allah untuk Masa Depan Cemerlang”, maka dapat disimpulkan bahwa Nurul Fikri ingin membantu para pelajar muslin untuk maju menjadi pribadi yang unggul. Tidak hanya memikirkan kemampuan kognitif yang berkualitas tetapi dibina dan di didik akhlak yang unggul pula. Karena tanpa bantuan dari Allah maka tidak akan diberi kelancaran dan kesuksesan dalam mendidik pelajar untuk menuju masa depan mereka yang cemerlang.




Analisis Bauran Promosi
Adapun dalam mengembangkan Bimbingan belajar Nurul Fikri, maka NF melakukan promosi. Untuk mempromosikan produk jasa NF ada 4 cara yang dilakukan, yaitu :
1.      Iklan atau advertising
 NF mengiklankan jasa mereka melalui berbagai media. Setiap media yang digunakan untuk mempromosikan jasa NF berisi keunggulan-keunggulan tempat bimbingan belajar agar para pelajar dan orang tua tertarik untuk memilih NF sebagai bimbingan belajar yang terpercaya.  Untuk media cetak Nurul Fikri (NF) menggunakan brosur dan poster.

Lalu Nurul Fikri (NF) menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk mereka. Media sosialnya seperti facebook dan twitter yang dimiliki oleh setiap cabang masing-masing, serta websites NF.
Facebook     : Bimbel Nurul Fikri
Twitter        : @BimbelNF
Blog            : http://www.nfsurabaya.com
                      http://nfpadang.blogspot.com/
                      http://bimbel-nurulfikri.blogspot.com
Email         : info@bimbelnurulfikri.com
*(setiap cabang memiliki blog dan email tersendiri untuk mempromosikan NF cabang masing-masing)

2.      Promosi Penjualan
Cara promosi penjualan yang dilakukan oleh NF dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah. Para staff yang ditugaskan oleh NF datang ke sekolah-sekolah dan event-event tertentu seperti event promosi berbagai universitas di JCC menjelang SNMPTN. Para staff memberikan brosur kepada para pelajar. Para staff NF menawarkan para pelajar dengan harga yang murah namun dengan pelayanan yang prima.

3.      Publisitas
Publisitas yang dilakukan oleh NF dengan cara memanfaatkan orang-orang yang sedang les dan telah menjadi alumni NF. Mereka menginformasikan melalui mulut ke mulut. Maka dari itu, NF selalu memberikan pelayanan yang prima agar para pelajar yang mengikuti bimbel di NF bisa berbagi pengalaman yang bagus untuk dipromosikan ke pelajar-pelajar lainnya. Selain itu, NF juga mempublikasikannya dengan memuat berita di majalah-majalah tertentu. Biasanya majalah islam.

4.      Personal selling
NF melakukan interaksi langsung kepada para konsumennya melalui telepon, konsultasi langsung dengan para pelajar ataupun orang tua pelajar bersangkutan dengan datang langsung ke cabang NF masing-masing ataupun di event-event yang diadakan di JCC. Melalui cara ini, NF bisa menyakinkan kepada para konsumennya bahwa NF adalah pilihan yang tepat bagi mereka. Karena NF bukan hanya tempat bimbingan belajar yang mendidik peserta didik secara kognitif (wawasan dunia) tetapi juga mendidik spiritual (wawasan akhirat). NF juga mewajibakan para pelajarnya untuk berpakaian sopan dan memakai jilbab ketika datang ke NF. NF bisa lebih menunjukkan keunggulan mereka dengan menggunakan cara ini.
                   Dari penjelasan di atas, NF merupakan Bimbingan Belajar yang berbeda dengan yang lainnya. Tempat bimbingan belajar lainnnya yang biasanya tidak menonjolkan sisi spiritual tetapi NF Adalah lembaga pendidikan yang memberikan komitmen untuk membantu para pelajar untuk berprestasi tetapi tidak melupakan prestasi spiritualya. NF Selalu memberikan pelayanan yang prima dengan biaya yang jauh lebih murah dengan biaya tempat bimbel lainnya. Selain itu, Nurul Fikri telah membuktikan melalui 29 tahun lebih mendidik para pelajar muslim lewat prestasi-prestasi yang telah diraih yaitu telah banyak mengantar para pelajar (konsumennya) ke PTN yang diinginkan. Hal ini yang membuat para pelajar dan orang tua yakin untuk memilih NF sebagai bimbingan belajar yang terpercaya.

SUMBER :


FOTO-FOTO

BROSUR DAN SEBAGAINYA








0 komentar:



Posting Komentar