pertemuan ke-5 Manajemen pemasaran jasa pendidikan - marketing mix

Senin,  10 Maret 2014 merupakan pertemuan ke 5 mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Di Pertemuan ke 5 membahas tentang Marketing Mix (Bauran Pemasaran). Berikut ini hasil resume perkuliahan tentang Marketing Mix :

MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN)
            Bauran pemasaran adalah ketersediaan alat untuk sebuah bisnis untuk meningkatkan reaksi yang terlihat dari target pasar dalam kaitannya pada objek pemasaran.
            Awalnya Marketing Mix (bauran Pemasaran) memiliki 4 komponen, tetapi berdasarkan perkembangan zaman komponen Bauran Pemasaran berubah menjadi 7 komponen. Hal ini untuk mencakup pertumbuhan industri jasa. Berikut 7 komponen Bauran Pemasaran, yaitu :
1.       Product (Produk)
2.      Price (Harga)
3.      Place (Tempat)
4.      Promotion (Promosi)
5.      People (Orang)
6.      Process (Proses)
7.      Physical Environment (Lingkungan Fisik)

Produk
 Produk adalah item yang dibeli pelanggan, termasuk kemasan, gambar (citra yang dibangun), garansi, dan layanan purna jual. Produk merupakan metode yang digunakan untuk meningkatkan atau membedakan produk dan meningkatkan penjualan atau target penjualan lebih efektif untuk memperoleh keunggulan kompetitif.

Produk terdiri dari :
·         Design (Desain)
·         Technology  (Teknologi)
·         Usefulness (Kegunaan produk)
·         Convenience (Kelengakapan)
·         Value (Nilai)
·         Quality (Kualitas)
·         Packaging (Pengemasan)
·         Branding ( Mere
·         Accessories (Kelengkapan yang lainnya atau aksesoris)
·         Warranties (Garansi)

Adanya Metode yang dipakai pada produk yaitu :          
·         Strategi keawetan terhadap produk
·         Spesialisasi versi
·         Edisi baru
·         Peningkatan
·         Kemasan yang berbeda
·         Teknologi 

Extension strategis (Strategi keawetan terhadap produk)
            Sebuah bisnis mengharapkan untuk meningkatkan hidup terhadap sebuah produk yang mana dapat mencapai kematangan atau decline bisa berganti satu atau lebih terhadap bauran pemasaran bagi perubahan.  
Produk         : Mengganti kemasan, mengenalkan versi terbaru.
Harga           : Mengurangi harga untuk menarik pelanggan.
Promosi       : Mengenalkan iklan baru.
Tempat        : Tempat pembelian bisa dilakukan dimana saja. Contoh : online.

Branding (Merek)
·         Sebuah produk dengan “Personality” yaitu menggambarkan personality seseorang.
·         Merek bisa dikenal dari kemasan, logo, rasa, iklan, dan fitur lainnya.
·         Adanya garansi untuk meyakinkan kualitas.
·         Beberapa merek “membanggakan nilai”artinya beberapa orang masih suka melihat merek-merek tertentu yang menimbulkan rasa bangga.
·         Biasanya nilai harga lebih tinggi.
·         Beberapa pelanggan loyal pada beberapa merek. Mereka akan beli produk dengan merek-merek yang itu-itu lagi, dan lagi dan juga mengisolasi produk lain.

Price (Harga)
            Sejumlah nilai tertentu yang dipersiapkan untuk membayar suatu produk oleh pelanggan.
Apa yang dimaksud dengan harga terbaik untuk produk?
1.      Pengisian harga yang tepat adalah bagian yang sangat penting dari bauran pemasaran.
2.      Berapa banyak biaya yang akan dibayar tergantung pada :
  • Berapa biayanya membuat produk Anda.
  • Berapa banyak pesaing Anda.
  • Apakah Anda sedang mencoba untuk memperkenalkan produk baru.
  • Citra yang dibangun pada produk.

Pengambilan keputusan :
·         Harga murah akan membantu dalam menyerang pasar karena bisa menarik pelanggan.
·         Rata-rata harga akan mengartikan kamu butuh persaingan dengan pesaingmu dalam maksud harga lain. Contoh : kualitas yang lebih baik atau promosi yang lebih baik atau iklan.
·         Harga tinggi bisa berubah jika produk Anda bisa lebih baik daripada rival Anda.  

Terdapat beberapa teknik didalam harga (Harga teknik)
  • Berbasis waktu – mengatakan cocok untuk memperbaiki mesin cuci dimana harga tergantung pada berapa lama pekerjaan yang diperlukan. Contoh : bengkel.
  • Biaya plus menghitung berapa banyak biaya untuk membuat sebuah produk yang kemudian tambahkan pada keuntungan. Contoh: salon.
  • penetrasi harga.
  • Dari bagian atas atau harga menggelapkan. (produk yang hanya sesaat saja)
  • Menghancurkan. (merusak produk saingannya).
  • Berorientasi pasar.

Place (Tempat)
Tempat adalah rute produk untuk mencapai konsumen dari pabrik.
Tempat terdiri dari :
·         Retail (Eceran)
·         Wholesale (Grosiran)
·         Mail Order (Pesan lewat surat)
·         Direct sales
·         Peer to peer (Antar perantara)
·         Multi channel ( Multi jaringan)

Tingkat saluran distribusi :
1.       Produsen – konsumen
2.      Produsen – pengecer – konsumen
3.      Produsen – grosiran – pengecer – konsumen

Beberapa fungsi:
1.  Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi mengenai tawaran.
2. Mengatur distribusi dana untuk menutup biaya saluran distribusi.
3. Melakukan pencarian dan berkomunikasi dengan calon pembeli.

Tidak peduli seberapa baik produk  harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Pembeli dan penjual datang bersama-sama dengan cara berikut:
•    
Shop
·         Tunai dan bawa
·         Pasar kios
·         Saluran TV belanja
·         Internet
·         Koran dan majalah
·         Mail order
·         Surat langsung
·         Toko pabrik
                                          
Promotion (Promosi)
            Promosi adalah cara pelanggan memperhatikan produk yang diinginkan atau untuk mengiklankan suatu produk untuk dikenal oleh masyarakat luas. Di dalam berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada sasaran pasar. Variabel promosi meliputi antara lain:
·         Sales promotion,
·         Advertising,
·         Sales force,
·         Public relation, and
·         Direct marketing.

Tujuan dari promosi yaitu :           
·         Mengajak pembeli untuk membeli produk.
·         Menginformasikan konsumen tentang produk.
·         Mengingat konsumen.

Media untuk promosi yaitu :         
·         Televisi,
·         Koran,
·         Majalah,
·         Radio,
·         Cinema,
·         Outdoor media,
·         Internet,

·         Direct mail.

0 komentar:



Posting Komentar