RESUME ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN

RESUME PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-3
            Pada pertemuan ketiga mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pada pertemuan ketiga kuliah di FIP Lantai 3 ruang 307 pukul 11.30. Pada pertemuan ketiga menjelaskan materi tentang “Analisis Lingkungan Pemasaran”. Berikut ini hasil resume perkuliahannya:

ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN
(MARKETING ENVIRONMENT)

 Lingkungan Pemasaran adalah pelaku dan kekuatan di luar kita yang mempengaruhi bagaimana pemasaran efektif agar dapat mengembangkan dan menjaga transaksi yang sukses untuk target konsumen/pelanggan.
Lingkungan pemasaran memilik dua jenis faktor, yaitu :
1.      Micro environment
Mikro environment adalah faktor yang berasal dari luar tetapi secara langsung memiliki pengaruh yang kuat bagi perusahaan. Micro environment meliputi perusahaan itu sendiri (the company itself), yang member pasokan (suppliers), jaringan pemasaran (market channels firm), konsumen pasar, pesaing, dan masyarakat.
2.      Macro environment
Macro environment adalah kekuatan yang lebih luas dan mempengaruhi faktor micro environment. Faktor ini umumnya tidak bisa dikendalikan oleh manajemen. Macro environment meliputi demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.
 
Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan, yaitu:
1.      Top manajemen
2.      Keuangan
3.      Riset dan pembangunan
4.      Pembelian bahan baku yang tepat waktu/purchasing
5.      Manufaktur
6.      Accounting
·         Suppliers (pemasok) adalah seseorang yang memenuhi kebutuhan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa. Tugas seorang pemasok adalah melihat kesanggupan pemasukan (supply), memonitor harga.
·         Perantara yaitu Membantu perusahaan untuk mempromosikan, menjual, dan menditribusikan barang yang akirnya untuk dibeli. Mereka meliputi resellers, perusahaan distribusi secara fisikal, pelayanan agensi pemasaran.
·         Pelanggan meliputi :
1.      Pasar pelaggan
2.      Pasar bisnis
3.      Pasar resellers
4.      Pasar pemerintahan
5.      Pasar internasional
·         Masyarakat meliputi :
1.      Lembaga keuangan
2.      Media
3.      Pemerintah
4.      Citizen action public (contoh pendemo)
5.      Masyarakat sekitar
6.      Masyarakat umum
7.      Orang dalam, biasanya menyebabkan kolusi
·         Demografi meliputi :

1.      Ukuran
2.      Kerapatan
3.      Lokasi
4.      Usia
5.      Jenis kelamin
6.      Ras
7.      Pekerjaan
8.      Data statistic lain
·         Ekonomi meliputi :
1.      Kekuatan daya beli
2.      Pola menghabiskan (spending pattern)
·         Lingkungan alam meliputi :
1.      Tahannya berapa lama
2.      Kenaikan biaya energy
3.      Kenaikan polusi
4.      Intervensi pemerintah tentang sumber daya
·         Lingkungan teknologi meliputi :
1.      Teknologi baru
2.      Kreasi produk baru
3.      Keuntungan pasar
4.      Perubahan teknologi yang cepat
5.      Tingginya biaya riset dan development
6.      Konsentrasi pada perbaikan yang kecil
7.      Kenaikan regulasi 
·         Lingkungan politik meliputi :
1.      Hukum
2.      Kantor pemerintahan
3.      Kelompok yang memiliki penekanan (penguasa)
4.      Perubahan pemerintah
·         Lingkungan budaya meliputi :
1.      Ketekunan nilai-nilai budaya
2.      Budaya tidak cukup satu:
ü  Bagaimana orang memandang orang lain
ü  Bagaimana orang memandang organisasi
ü  Bagaimana orang memandang social
ü  Bagaimana orang memandang alam
ü  Bagaimana memandang dunia

            Intinya segala apapun yang dikatakan kepada seseorang disebut juga marketing atau pemasaran. Karena ketika sesorang berbicara dengan orang lain pasti orang tersebut akan memperkenalkan suatu hal, member informasi, dan sebagainya. Dan disitulah letak pemasaran.

0 komentar:



Posting Komentar