RESUME STRATEGI PEMASARAN JASA

RESUME PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-4
            Pada tanggal 24 Maret 2014 merupakan pertemuan keempat mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pada pertemuan keempat kuliah di IDB 1, namun mengalami kendala yang akhirnya kami kuliah di selasar depan kajur MP. Saat itu, pak Amril ditemani dengan 2 kaka senior dari MP yang sedang menjalani tugas akhir yaitu skripsi. Dua kakak pendamping tersebut bernama kak Sarah Aini dan . Pada pertemuan keempat, yang menjelaskan materi bukan hanya pak Amril tetapi duan kakak senior MP juga ikut menjelaskan karena materi ini bertepatan dengan judul yang diangkat untuk tugas skripsi mereka. Materi yang dibahas pada pertemuan keempat, yaitu:   "Strategi Pemasaran Jasa". Berikut ini hasil resume perkuliahannya:

STRATEGI PEMASARAN JASA

Strategi Pemasaran Modern terdiri dari tiga bagian, yaitu:
1.      Segmentasi
2.      Target
3.      Penentuan posisi
Ø  Segmentasi adalah pengelompokan pembagian berdasarkan kelompok-kelompok tertentu, tindakan membagi suatu pasar yan bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen. Segmentasi pasar dilakukan dengan tujuan merancang produk atau startegi yang dapat memenuhi apa yang pasar butuhkan.
Segmentasi pasar dibagi kedalam beberapa bagian, yaitu:
1.      Segmentasi pasar berdasarkan geografis yaitu pembagian pasar berdasarkan wilayah.
2.      Segmentasi pasar berdasarkan psikografis yaitu pengelompokan pasar berdasarkan nilai-nilai, kebudayaan, dan lifestyle. Misalnya, seorang yang introvert akan cenderung memakai pakaian berwarna gelap, tidak terlalu menyolok. Hal itu merupakan bagan dari lifestyle.
3.      Segmentasi pasar berdasarkan demografis meliputi usia, pekerjaan, agama, kebangsaan, pendidikan, penghasilan. Intinya berkaintan dengan status social.
4.      Segmentasi pasar berdasarkan perilaku yaitu pengelompokan pasar berdasarkan kejadian, manfaat, status pengguna. Perilaku dalam variabel kejadian yaitu kejadian umum dan khusus. Contoh secara umum yaitu suka makan nasi daripada makan mie. Intinya jika secara umum bila tidak suka yah tidak suka. Sedangkan contoh secara khusus yaitu disesuaikan berdasarkan keadaan. Bisa dipaksakan. Misalnya, seseorang tidak menyukai mie tetapi jika dihadapkan dalam kondisi banjir dan pasokan makanan hanya tersedia mie maka otomatis orang tersebut akan memaksa dirinya untuk makan mie karena orang tersebut akan memprioritaskan keadaannya yang sedang lapar daripada memikirkan makanan kesukaannya.
Ø  Targetting atau pentargettan yaitu penentuan sasaran yang akan dituju. Targeting dilakukan setelah proses segmentasi.
Jenis-jenis pasar, yaitu :
1.      Pasar jangka pendek   : Pasar yang direncanakan dalam jangka pendek.
2.      Pasar masa depan       : Pasar untuk jangka 4-5 tahun.
3.      Pasar primer               : Pasar yang dianggap penting oleh perusahaan.
4.      Pasar sekunder           : Pasar yang produk perusahaannya tidak dianggap penting oleh

                           perusahaan.

0 komentar:



Posting Komentar