RESUME
PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-4
Pada tanggal 24 Maret 2014 merupakan pertemuan keempat mata
kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Pada pertemuan keempat kuliah di
IDB 1, namun mengalami kendala yang akhirnya kami kuliah di selasar depan kajur
MP. Saat itu, pak Amril ditemani dengan 2 kaka senior dari MP yang sedang
menjalani tugas akhir yaitu skripsi. Dua kakak pendamping tersebut bernama kak
Sarah Aini dan . Pada pertemuan keempat, yang menjelaskan materi bukan hanya
pak Amril tetapi duan kakak senior MP juga ikut menjelaskan karena materi ini
bertepatan dengan judul yang diangkat untuk tugas skripsi mereka. Materi yang
dibahas pada pertemuan keempat, yaitu: "Strategi Pemasaran Jasa".
Berikut ini hasil resume perkuliahannya:
STRATEGI
PEMASARAN JASA
Strategi
Pemasaran Modern terdiri dari tiga bagian, yaitu:
1.
Segmentasi
2.
Target
3.
Penentuan posisi
Ø
Segmentasi
adalah pengelompokan pembagian berdasarkan kelompok-kelompok tertentu, tindakan membagi suatu pasar
yan bersifat heterogen ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang
bersifat homogen. Segmentasi pasar dilakukan dengan tujuan merancang produk
atau startegi yang dapat memenuhi apa yang pasar butuhkan.
Segmentasi pasar dibagi kedalam beberapa bagian, yaitu:
1.
Segmentasi pasar berdasarkan geografis yaitu pembagian pasar berdasarkan wilayah.
2.
Segmentasi pasar berdasarkan psikografis yaitu pengelompokan pasar berdasarkan nilai-nilai,
kebudayaan, dan lifestyle. Misalnya, seorang yang introvert akan cenderung
memakai pakaian berwarna gelap, tidak terlalu menyolok. Hal itu merupakan bagan
dari lifestyle.
3.
Segmentasi pasar berdasarkan demografis meliputi usia, pekerjaan, agama, kebangsaan, pendidikan,
penghasilan. Intinya berkaintan dengan status social.
4.
Segmentasi pasar
berdasarkan perilaku yaitu pengelompokan pasar berdasarkan kejadian,
manfaat, status pengguna. Perilaku dalam variabel kejadian yaitu kejadian umum
dan khusus. Contoh secara umum yaitu suka makan nasi daripada makan mie. Intinya
jika secara umum bila tidak suka yah tidak suka. Sedangkan contoh secara khusus
yaitu disesuaikan berdasarkan keadaan. Bisa dipaksakan. Misalnya, seseorang
tidak menyukai mie tetapi jika dihadapkan dalam kondisi banjir dan pasokan
makanan hanya tersedia mie maka otomatis orang tersebut akan memaksa dirinya
untuk makan mie karena orang tersebut akan memprioritaskan keadaannya yang sedang
lapar daripada memikirkan makanan kesukaannya.
Ø
Targetting
atau pentargettan yaitu penentuan sasaran yang akan dituju. Targeting dilakukan
setelah proses segmentasi.
Jenis-jenis pasar,
yaitu :
1.
Pasar jangka pendek
: Pasar yang direncanakan dalam jangka pendek.
2.
Pasar masa depan : Pasar untuk jangka 4-5 tahun.
3.
Pasar primer : Pasar yang dianggap penting oleh perusahaan.
4.
Pasar sekunder : Pasar yang produk perusahaannya tidak
dianggap penting oleh
perusahaan.




0 komentar:
Posting Komentar