Resume
perkuliahan Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pertemuan ke-7, pada tanggal 7
April 2014
BRAND
Brand
merupakan
suatu nama produk agar bisa dikenali oleh para konsumen atau masyarakat. Brand atau merek bisa berbentuk kata,
gambar, warna, dan sebagainya.
Adanya brand atau merek diharapkan bisa
mewakili suatu produk. Nama bisa membedakan dengan produk yang lainnya agar
konsumen tidak keliru dengan produk yang ingin dibeli.
Beberapa
hal yang di pertimbangkan dalam pemberian merek/brand pada suatu produk:
1. Melihat
jenis produk yang akan dijual
2. Lihat
siapa yang akan membeli atau target
pasarnya
3. Melihat
pada harga atau daya beli calon konsumen. Faktor harga menentukan brand. Harga tinggi
maka harus dipasang brand yang benar-benar bagus.
4. Nama
perintis atau orang yang merintis produk tersebut, contoh: Martha tilaar.
5. Logo
menentukan tahun pendirian. Contoh BNI 46
6. Terkadang
brand diambil dari nama daerah atau kota. Berdasarkan tempat/lokasi
7. Produk
yang dijual berbeda dengan yang lain atau adanya Keunikan pada suatu produk. Misalnya:
Bakso Gepeng
8. Dilihat
dari Nama binatang. Misalnya: Tas bermerk PUMA
9. Kata-kata
tertentu yang menginspirasi, contoh: Dagadu
10. Logo
yang menggambarkan nama produk. Misalnya: Apple, Nike
11. Pada
pemilihan berdasarkan warna. Contoh: logo windows pada laptop atau computer.
12. Bentuk
huruf suatu brand
13. Dilihat
berdasarkan gambar. Misalnya: Larutan Cap Kaki Tiga
14. Penggunaan
simbol seperti bentuk. Contoh: Maskapai Garuda, ban mobil, Nike, Mercedes
15. Gambar
menjelaskan produk yang dijual. Contoh: Toko Kaca Mata
16. Ukuran
17. Bahan
membuatnya




0 komentar:
Posting Komentar